Blogspot atau WordPress

Banyak orang yang kebingungan ketika memilih antara Blogspot atau WordPress baik .org dan juga .com saat ingin membuat website sendiri. Pada saat akan membuat website atau blog, maka tentu dibutuhkan banyak waktu sebab anda harus menentukan beberapa hal seperti strategi melakukan promosi blog baik dari mesin pencari atau sosial media agar bisa mendapatkan pengunjung.

Selain itu yang juga tidak kalah penting adalah menentukan platform yang akan digunakan. Biasanya, anda akan berhadapan dengan beberapa pilihan seperti memilih blogspot atau WordPress yang akan kami bahas berikut ini.

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Ada beberapa perbedaan WordPress dan Blogspot yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan seperti dibawah ini.

Blogspot atau WordPress

  1. Kepemilikan

Jika anda memakai blogger, maka anda tidak diharuskan membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan jika penggunaan akun Google anda tidak melebihi 15 GB. Anda hanya harus memakai akun Google dengan langkah sama seperti ketika mendaftar Gmail namun anda harus terlebih dahulu mengakses blogger.com.

Blogger sendiri adalah layanan yang ada di Google dan anda tidak memiliki kontrol penuh. Untuk itu jika anda melanggar syarat dan ketentuan, maka website milik anda bisa dihapus kapan saja. Untuk tindakan berjaga jaga, maka anda harus melakukan backup konten blog yang anda miliki.

Sementara jika anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website, maka anda diharuskan membeli hosting di layanan untuk menyimpan data website. Kelebihan WordPress dibandingkan blogspot adalah anda bebas untuk menentukan berapa lama website tersebut akan aktif dan anda juga menjadi pemilik utama dari data website yang tersimpan dalam server hosting. Dengan ini, maka anda juga punya kontrol penuh untuk mengelola website tersebut.

  1. Tampilan

Untuk tampilan defailt blogger atau blogspot sangatlah terbatas. Untuk itu jika anda ingin mengubah tampilan seperti warna, maka bisa diubah dengan memakai tools yang sudah disediakan. Apabila anda ingin tampilan terlihat lebih menarik, maka anda harus membeli template dari pihak ketiga yang tersedia. Sedangkan untuk Indonesia sendiri sudah cukup banyak penyedia template Blogger premium dengan kualitas yang terbilang baik.

Sedangkan kelebihan WordPress di bandingkan blogspot berikutnya adalah WordPress sudah menyediakan ribuan template gratis dengan tampilan yang juga menarik sehingga website yang anda miliki akan terlihat profesional. Anda bisa menemukan template gratis tersebut dengan mudah sesuai kategori dari website milik anda.

  1. Kontrol

Perbedaan WordPress dan Blogspot berikutnya juga terletak pada kontrol. Ketika menggunakan blogspot, anda tidak mempunyai kontrol penuh untuk website dengan tool yang terbatas yang bisa anda pakai untuk mengelola website. Sebagai contoh untuk permalink nantinya akan mengikuti permalink default sehingga tidak bisa membuat struktur permalink sesudah dengan yang anda inginkan.

Sedangkan WordPress yang merupakan software open source, maka mempermudah anda untuk menambahkan fitur yang baru. Untuk menambah fitur baru tersebut, anda juga tidak harus menguasai pemrograman akan tetapi hanya cukup instal plugin sesuai dengan jenis fitur yang anda inginkan.

Sebagai contoh, jika anda ingin membuat toko online lengkap dengan shopping cart, maka anda hanya perlu instal plugin WooCommerce dan membuat beberapa pengaturan sesuai dengan petunjuk.

  1. Keamanan

Keuntungan yang bisa didapat ketika menggunakan blogspot adalah website milik anda bisa dikatakan cukup aman karena dikelola langsung oleh Google asalkan anda tetap memakai template default. Anda tidak perlu pusing dengan mengelola sumber daya server atau mengamankan blog yang anda miliki meski website yang anda miliki bisa saja dihapus kapan saja oleh Blogger.

Sedangkan WordPress dikenal dengan platform yang memiliki tingkat keamanan baik sebab script akan selalu diperbaharui dengan berkala. Sedangkan untuk kontrol pun ada sepenuhnya di tangan anda sehingga juga harus melakukan bakcup sendiri.

  1. Popularitas

WordPress baik untuk hosted dan self-hosted untuk sekarang ini ada di tingkat pertama sebagai CMS yang paling populer dengan presentase pasar sebesar 39% dibandingkan total pengguna CMS yang lain. Sedangkan untuk blogspot berada di peringkat ke-4 dengan presentase 1% saja.

  1. Kemudahan Pembuatan

WordPress.com dan juga blogspot sebenarnya sama sama mudah untuk dibuat. Keduanya mudah dibuat sebab anda hanya harus mendaftarkan akun di website-nya masing masing. Namun untuk WordPress.org bisa dikatakan sedikit lebih sulit sebab untuk membuat situs berbasis WordPress.org, anda diharuskan menyewa hosting dan domain lalu melakukan instalasi.

  1. Fitur

Jika dilihat dari fitur dasar sebagai CMS, maka keduanya bisa dikatakan setara dan sama sama bisa membuat post serta page, memasukkan video, gambar dan multimedia lainnya. Namun, blogspot juga memiliki beberapa kekurangan halaman hanya dibatasi yakni berukuran 1 MB sehingga anda tidak bisa membuat 1 halaman yang berisi banyak gambar dan jika dilihat dari fleksibilitasnya, maka WordPress bisa dikatakan lebih unggul sebab anda bisa menambahkan fitus ekstra dengan bantuan plugin ketika menggunakan WordPress.org dan ada ribuan plugin yang bisa anda gunakan secara gratis sebab sifatnya yang open source sehingga anda juga bisa memodifikasi semua fiturnya.

Sedangkan untuk peringkat fleksibilitas fitur adalah sebagai berikut.

  • WordPress.org
  • Blogger
  • WordPress.com
  1. Monetisasi dengan Iklan

Karena banyak pengguna yang ingin membuat blog untuk memperoleh penghasilan dengan memakai iklan seperti AdSense dari Google, maka ada beberapa hal yang sangat penting untuk anda ketahui.

WordPress.com hosted tidak mengijinkan untuk memasang Google AdSense sehingga anda tidak bisa memperoleh penghasilkan dari iklan jika memakai WordPress.com. Akan tetapi, anda tetap bisa memperoleh penghasilan dengan cara yang lain seperti menjual produk. Untuk lebih lengkap tentang WordPress.com adalah sebagai berikut.

  • Iklan dari advertising network yakni AdSenses atau sejenisnya tidak diperbolehkan. Anda diizinkan untuk menyediakan slot iklan manual.
  • Sponsored post masih diperbolehkan.
  • Jika website anda sudah populer, maka anda bisa memasang WordAds yakni sejenis AdSense milik WordPress.
  • Jika anda memakai WordPress VIP, maka iklan masih diperbolehkan.

Sedangkan untuk WordPress.org tidak memiliki masalah sebab tidak ada pengaturan dan anda bisa memakai AdSense atau advertising network mana saja. Sementara untuk blogpot diizinkan karena milik dari Google.

Leave a Comment