Pengertian WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak dipakai di selutuh dunia. Hampir lebih dari 30% website dibuat dengan WordPress dan presentasenya juga akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Secara umum, sistem manajemen konten merupakan aplikasi web yang memperkenankan pemilik, editor dan juga author untuk mengelola website serta menerbitkan konten tanpa perlu menguasai teknis dan juga bahasa pemrograman.

WordPress sendiri memakai PHP dan MySQL yang juga didukung oleh hampir seluruh penyedia web hosting. Selain itu, ada juga paket WordPress hosting yang juga menawarkan keunggulan dalam segi kecepatan, performa sekaligus keandalan website. Agar lebih jelas tentang WordPress, berikut akan kami bahas dari mulai pengertian WordPress dan manfaat selengkapnya untuk anda.

Pengertian WordPress menurut para ahli  tentang kelebihan WordPress lain ada pada tipe website yang bisa dibuat dalam platform ini. CMS tersebut memungkinkan para penggunanya tidak hanya sekedar membuat blog yang sederhana akan tetapi juga untuk situs ecommerce, newpaper, portofolio dan segala hal yang diinginkan pengguna.

Sejarah WordPress dan Manfaatnya

Sejarah WordPress berawal pada tahun 2003 ketika 2 developer bernama Matt Mullenweg dan juga Mike Litte membuat platform blogging yang baru sebab software b2/ cafeblog sudah dihentikan. Sesudah proyek ini ditinggalkan, kedua developer ini memutuskan untuk mempertahankan, mengambil alih sekaligus melanjutkan pengembangan dengan cara mereka sendiri.

Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress yakni WordPress 1.0 di bulan Januari tahun 2004. Untuk tampilan awalnya sendiri sangat berbeda dengan CMS WordPress seperti sekarang yang memiliki banyak fitus. Meskipun begitu, akan tetapi versi pertama sudah memberikan sebagian besar fitur inti yang juga digunakan sekarang ini seperti editor WordPress, permalink, sistem manajemen user, kemampuan moderasi komentar dan masih banyak lagi.

Pengertian WordPress dan Fungsinya

pengertian wordpress

Sedangkan untuk fungsi dan tujuan WordPress senditi memiliki perbedaan antara WordPress.org dan juga WordPress.com. Ketika mengakses WordPress di Google atau mesin pencarian lain, maka anda akan menemukan dua website yang hampir sama yakni WordPress.com dan juga WordPress.org. Bagi yang masih pemula, pastinya kedua website ini cukup membingungkan dan memang sebenarnya tujuan serta user base-nya berbeda beda.

  • WordPress.org

WordPress.org adalah website yang dipakai jika anda ingin membuat situs WordPress self0hosted. Lewat situs tersebut, maka anda bisa mengunduh platform WordPress dan juga memperoleh banyak plugin serta tema gratis. Sedangkan untuk mengonlinekan website lewat WordPress, maka anda harus membuat nama domain serta membeli paket web hosting.

WordPress memakai PHP dan MySQL supaya bisa bekerja sekaligus aktif. Akan tetapi anda juga dapat menggunakan paket WordPress hosting yang memang diperuntukkan mengoptimalkan performa CMS WordPress.

  • WordPress.com

WordPress.com adalah perusahaan hosting yang memakai sistem manajemen konten WordPress untuk seluruh blog yang dibuat CMS tersebut. Apabila anda tertarik untuk mendaftar sekaligus membuat blog memakai WordPress.com, maka tipe domain yang anda peroleh adalah myblog.wordpress.com meski juga tersedia custom domain berbayar.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan WordPress, maka sebenarnya WordPress mempunyai banyak kelebihan yang menjadi opsi paling bagus bagi anda yang ingin membuat website tanpa harus mengerti tentang bahasa pemrigraman. Selain itu, CMS juga menjadi pilihan terbaik bagi programmer sebab sangat mudah untuk dikelola. Namun, masih ada beberapa kekurangan WordPress yang juga penting untuk anda ketahui.

Kelebihan WordPress

  • Murah: Anda hanya diharuskan membayar domain dan juga web hosting sedangkan untuk software dan juag sebagian besar plugin dan tema WordPress bisa anda dapakan dengan gratis.
  • Proses instalasi dan update mudah: Tidak seperti sistem manajemen konten yang lain, anda tidak harus melakukan konfigurasi dan hanya perlu satu kali klik maka proses update WordPress sudah bisa dilakukan.
  • Mudah dikelola: Ada tidak harus menguasai bahasa pemrograman agar bisa melakukan task harian seperti menulis, edit post, upload dan edit gambar, mengelola user, tambah menu dan juga instal plugin serta template.
  • Bisa mendesain sendiri: Ada ribuan template WordPress yang siap untuk di-install dan dipakai lebih mudah agar desain bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti template tertentu yang bisa diaplikasikan pada bisnis kecil dan sederhana, nlogger makanan, praktisi kesehatan dan lain sebagainya.
  • Dapat membuat fungsionalitas sendiri: Anda bisa menggunakan plugin untuk memperluas sekaligus mengembangkan fungsionalitas defaukt WordPress dan biasanya anda bisa menemukan plugin untuk setiap tas spesifik dari mulai optimasi mesin pencarian hingga event booking.
  • Panduan dan tutorial yang sangat membantu: WordPress merupakan komunitas online yang sangat besar, sehingga jika anda menemukan masalah atau sedang mencari solusi error, maka panduan dan tutorial bisa anda pakai.

Kekurangan WordPress

  • Tingkat keamanan: Karena ada lebih dari 30% website yang dibuat di WordPress, maka risio diserang hacker juga semakin besar. Akan tetapi ini bisa dicegah dengan instal plugin untuk mengamankan website WordPress dari aktivitas berbahaya.
  • Konten pihak ketiga: Sebagian besar plugin dan template WordPress dibuat oleh developer pihak ketiga sehingga anda juga bisa menemukan bug. Sebelum instal plugin atau template baru, maka sebaiknya baca penjelasan dan ulasan lebih dulu. Namun jika ragu pada kredibilitas plugin atau template tersebut, maka bisa menghubungi tim Customer Support.
  • Waktu loading halaman: Apabila anda meginstal terlalu banyak plugin, maka website WordPress anda juga semakin lambat dan bisa diatasi dengan instal plugin caching.

Jenis Website yang Bisa Dibuat di WordPress

Jika dilihat secara garis besar, pengertian WordPress menurut para ahli merujuk pada tool penting yang dipakai ketika membuat banyak jenis website. Berikut ini akan kami jelaskan tipe website yang bisa anda buat dengan menggunakan WordPress.

  1. Blog

Dari sejarah WordPress, CMS ini awalnya merupakan tool blogging yang smapai saat ini juga masih menjadi platform blogging yang paling banyak dipakai. Anda bisa membuat blog sederhana sekaligus murah lebih dulu. Nantinya, apabila blog yang anda miliki semakin banyak dikunjungi, maka bisa di-upgrade ke paket lebih lanjut.

  1. Portofolio

Seniman, freelancer, photographer, musisi dan juga penulis bisa memakai WordPress untuk membuat portofolio online. Ada banyak template portofolio yang disediakan di WordPress.org yang memberikan segala fitur yang anda butuhkan seperti lightbox, galeri gambar dan juga portofolio grid.

  1. Situs Bisnis

Apabila anda ingin membangun sebuah bisni online sederhana, maka anda bisa mulai dengan membuat website di WordPress. Meski CMS WordPress memang lebih banyak digunakan untuk situs bisni sederhana, namun ada juga banyak perusahaan besar yang menggunakan kelebihan dari platform ini.

  1. Situs Amal

Kelebihan dari WordPress yang lain adalah biaya maintenance yang terbilang murah serta kurva pembelajaran yang juga relatif flat. Untuk itu, memang wajar jika platform ini juga banyak disukai berbagai badan amal. Dengan WordPress, maka lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit juga bisa membuat visi dan misi lewat website resmi.

Leave a Comment