Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website – Untuk anda yang baru ingin mulai membuat blog atau website, mungkin masih ada beberapa hal yang membingungkan tentang perbedaan blog dan website sekaligus menentukan platform mana yang terbaik. Website merupakan sejumlah laman online yang terhubung pada 1 domain dan umumnya dikelola perusahaan, individu,, institusi, organisasi atau pemerintah. Sedangkan blog kependekan dari web blog berisi konten seperti pengalaman, opini atau aktivitas penulis. Supaya bisa lebih belas, berikut kami berikan beberapa perbedaa blog dan website berdasarkan kepemilikan atau segala jenis perbedaan lainnya.

Perbedaan Blog dan Website

Apa Perbedaan Blog dan Website?

Beikut adalah 10 perbedaan blog dan website yang harus Anda ketahui:

  1. Konten

Perbedaan blog dan website yang pertama adalah dari segi konten. Biasanya, konten dalam blog berisi tentang artikel, video atau podcast mengenai satu atau beberapa tema yang disukai pemilik blog tersebut. Selain itu, konten blig lebih banyak tentang opini, pengalaman atau aktivitas yang dilakukan pemilik blog sehingga sesuai dengan definisi blog.

Anda bisa membuat blog dengan konten yang fokus pada satu tema seperti teknologi, travel, fashion, otomotif, parenting dan sebagainya. Anda juga dapat membuat blog berisi konten dari banyak tema yang tentunya sudah disesuaikan denga minat anda.

Sementara konten website umumnya berisi informasi penting tentang layanan atau produk. Sebagai contoh, anda bisa membuat website perusahaan berisi tentang alamat, sejarah, produk dan juga kontak perusahaan. Anda juga dapat memakai website untuk kebutuhan organisasi, lembaga pendidikan, toko online, sekolah atau lembaga pemerintah.

  1. Update

Dari segi update konten juga berbeda untuk blog dan website. Blog lebih sering memperbaharui konten dengan berkala seperti setiap hari, 3 hari sekali atau seminggu sekali. Masing masing blog mempunyai jadwal update konten yang berbeda beda sehingga konten dalam blog memiliki sifat uang dinamis sebab akan selalu diperbaharui dalam waktu tertentu. update konten sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam blog sebab konten diibaratkan sebagai nyawa dari blog.

Sedangkan website memiliki konten dimunan informasi produk atau layanan sehingga update dilakukan pada saat terjadi perubahan informasi produk atau layanan yang disediakan dalam website tersebut. Untuk itulah konten website disebut dengan statis sebab tidak selalu membutuhkan update.

  1. Arah Komunikasi

Selain perbedaan blog dan website berdasarkan tampilan, arah komunikasi dari blog dan website juga berbeda. Untuk arah komunikasi pada blog memiliki sifat interaktif sebab pembaca blog bisa meninggalkan komentar untuk setiap artikel atau konten yang sudah rilis.

Sementara untuk arah komunikasi pada website lebih bersifat satu arah sebab website umumnya tidak menyediakan kolom komentar dalam konten.

  1. Subscribe

Supaya nantinya pembaca tidak ketinggalan update konten terbaru, maka umumnya blog akan menyediakan tombil subscribe. Pembaca nantinya bisa melakukan subscribe atau berlangganan pada blog supaya bisa mendapat notifikasi ketika anda konten baru.

Sedangkan untuk beberapa website juga menyediakan pilihan subscribe akan tetapi berbeda dengan blog yang mengirimkan notifikasi update konten baru, website umumnya akan mengirimkan newletter berisi layanan atau produk terbaru.

  1. Gaya Bahasa

Dari segi bahasa yang digunakan pada blog dan website juga berbeda meski sebetulnya gaya bahasa blog lebih variatif dan tidak memiliki batasan. Ada yang memakai informal dan ada juga yang menggunakan bahasa formal. Akan tetapi, blog biasanya akan menggunakan kata ganti kedua seperti anda, kamu dan sebagainya dalam membuat konten agar terlihat leih personal. Blog juga memakai gaya bahasa yang lebih personal supaya pembaca tidak bosan [ada saat membaca artikel di blog.

Sementara untuk gaya bahasa yang dipakai untuk website umumnya terlihat lebih profesional dan formal sebab sangat baik dipakai untuk tujuan yang juga formal seperti lembaga pendidikan pemerintah, perusaan atau organisasi.

  1. Kepemilikan

Perbedaan blog dan website berdasarkan kepemilikannya juga sangat berbeda. Anda mungkin sering mendengar istilah blogger dan blogger tersebut merupakan sebutan untuk pemilih blog atau penulis. Umumnya, blogger akan mengelola blognya sendiri. Berbeda dengan blog, pada website dikelola oleh tim ahli atau perusahaan yang terdiri dari developer, designer dan juga copywriter.

  1. Pembagian Konten

Perbedaan blog dan website selanjutnya adalah dari pembagian konten. Untuk e=pembagian konten di blog umumnya dilakukan atas dasar tag dan juga kategori. Sedangkan untuk pembagian konten di website umumnya dilakukan atas dasar layanan atau produk yang dirawarkan.

  1. Biaya

Perbedaan blog dan website berikutnya adalah dari segi biaya. untuk blog bisa dilakukan secar gratis sebab subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing masing platform blog. Sedangkan jika memakai website, maka anda harus menyiapkan dana untuk biaya sewa webhosting dan juga sewan domain per tahun. Meski begitu, pengeluaran yang dibutuhkan untuk membuat website sendiri bisa dikurangi dengan memakai sewa webhosting gratis dan sewa domain yang tidak termasuk dalam top level domain secara gratis.

  1. Desain Template

Perbedaan blog dan website berdasarkan tampilan desain template juga cukup terlihat. Biasanya, tampilan desain pada template website akan lebih bagus jika dibandingkan dengan template blog. Desain template blog yang dipakai template blog juga lebih banyak sebab template tersebut adalah template bawaan platform blog atau template blog yang dibadikan secara gratis dari beberapa situs penyedia template blog.

Sementara untuk tampilan desain template website biasanya lebih bagus dan jarang ditemukan kesamaan antara satu website dengan website yang lain. Ini terjadi karena desain template website akan langsung dibuat pemilik website itu sehingga tampilan bisa disesuaikan dengan selera pemilik dan template website juga jarang dibagikan secara cuma cuma sebab proses coding script yang terbilang cukup sulit.

  1. Performa

Dengan tampilan desain template yang jauh lebih bagus serta fitur yang juga lengkap, maka website terbilang lebih unggul ketika digunakan jika dibandingkan dengan blog. Website dibuat oleh programmer akan terlihat lebih profesional sekaligus bisa mengakomodasi semua kebutuhan pemilik serta pengunjung website. Sementara blog hanya ditujukan untuk kebutuhan tulis menulis dengan fitur yang terbatas sehingga akan terlihat kaku jika dipaksakan untuk kebutuhan lain seperti media bisnis online. Meskipun begitu, blog dan website sama sama memiliki peran yang penting untuk memperbanyak informasi yang diperluas lewat internet.

Dengan beberapa perbedaan tersebut, anda sebaiknya lebih selektif ketika memutuskan untuk menggunakan blog atau website agar di hari ke depan media tersebut bisa mempermudah kerja anda dan tidak menjadikannya tambahan beban. Apabila anda ingin memiliki media yang bisa mengakomodasi kebutuhan dalam menyebar konten hasil karya, maka blog tersedia secara gratis yang menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. Akan tetapi jika anda memerlukan lebih banayk fitur serta masih memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan bisnis onlien, maka website bisa menjadi media terbaik untuk mendukung tujuan anda. Demikian ulasan kami dan semoga bisa menambah informasi bagi anda khususnya yang masih pemula.

Leave a Comment